CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »
Welcome Comments Pictures
About Me Comments Pictures

Sabtu, 09 November 2013

LATIHAN SOAL

1. Apakah yang dimaksud dengan mesin pencari atau search engine ?
Jawab : 
Mesin pencari atau Search engine adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia.
Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web.

2. Sebutkan contoh-contoh mesin pencari/search engine?

Jawab :

 1. Google ( http://www.google.com )
Google merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak.

Google.com


2. Bing ( http://www.bing.com )

Bing merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.

Bing.com

 

3. Ixquick (http://www.ixquick.com )
Ixquick merupakan mesin pencari yang melakukan pencarian di banyak situs mesin pencari sekaligus. Menarik, bukan? Anda bisa menentukan mesin pencari-mesin pencari mana saja yang perlu ditelusuri oleh IxQuick

Ixquick.com


 

4. Gigablast ( http://www.gigablast.com )
Gigablast adalah mesin pencari di Internet, didirikan pada 2000 oleh Matt Wells. Gigablast merupakan proyek terakhir dari Matt Wells, setelah membuat situs web Infoseek selama tiga tahun, Gigablast didirikan dengan tujuan untuk melakukan pencarian halaman web dengan kemampuan maksimal mesin pencari lain pada zamannya, namun menggunakan alat seminimum mungkin. Pada bulan Januari 2005, mesin indeks dari Gigablast hampir memiliki satu miliar halaman web yang telah terindeks, dengan hanya menggunakan biaya 8000 Dolar Amerika Serikat (kontra 8000000000 puluhan halaman dan bernilai jutaan peralatan untuk Google).
Gigablast.com

5. Yahoo ( http://www.yahoo.com )
Yahoo ialah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat.

 

6. Ask ( http://www.ask.com )
Ask merupakan search engine yang fungsinya untuk mencari informasi berupa gambar, document, video, refrensi, dan berita.

Ask.com

 

7. Joeant ( http://www.joeant.com )
Joeant menawarkan direktori edited manusia “untuk menyediakan direktori situs berkualitas bagi pengguna Internet”. Dibuat oleh sekelompok selusin mantan Go.com (Disney) relawan Go Guides, JoeAnt lahir dari keinginan untuk menyediakan hasil yang relevan dalam berbagai macam topik, dan berusaha untuk bekerja dengan membentuk komunitas editor di mana orang tertarik dapat ikut Diluncurkan pada 24 Mei 2001, JoeAnt telah tumbuh menjadi sebuah direktori besar dengan daftar editor besar.

joeant.com

 

8. Lycos ( http://www.lycos.com )
Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini.

Lycos.com

 

9. Mamma ( http://www.mamma.com )
Mamma merupakan contoh metasearch engine. Pencarian dengan metasearch engine akan membawa kita pada hasil pencarian yang didapat oleh berbagai mesin pencari.

Mamma.com

0 komentar:

Posting Komentar